Destinasi Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berada di Magelang

Destinasi Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berada di Magelang adalah informasi bagi pecinta travelling. Saat Anda berada di Jawa Tengah, jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengunjungi Magelang. Karena keindahan Magelang tak kalah istimewa dibandingkan kota-kota lainnya. Malang juga memiliki banyak destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan. Tinggal siapkan tiket kereta api untuk tujuan utama Yogyakarta jika Anda ingin singgah menikmati keindahan Malang.

destinasi wisata

destinasi wisata

Penasaran dengan ragam tempat wisata menarik di Magelang? Yuk simak dulu ulasannya berikut ini!

Candi Borobudur

Candi peninggalan agama Budha ini merupakan salah satu candi termegah di dunia. Candi Borobudur terletak di Jalan Badrawati. Di dalamnya terdapat arca Budha berjumlah 504 buah. Sementara itu, di bagian atasnya juga terdapat stupa terbesar yang seakan menjadi mahkota candi. Biasanya Candi Borobudur menjadi salah satu tempat istimewa bagi hari raya umat Budha. Anda bisa menikmati suasana candi sekaligus berkeliling di sekitarnya. Karena banyak sekali penjual souvenir yang menjajakan dagangan di sekitar Candi Borobudur.

Gereja Ayam

Bentuk bangunan Gereja Ayam yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi umat Kristiani maupun para wisatawan. Inilah yang membuat gereja di kawasan Dusun Gombong ini senantiasa dikunjungi para wisatawan. Bangunan gereja ayam terdiri dari 4 tingkat dengan bagian mahkota sebagai puncaknya. Jika Anda berkesempatan naik hingga ke bagian mahkota, maka Anda bisa menyaksikan pemandangan Kota Magelang yang sangat istimewa dari atas ketinggian.

Candi Pawon

Tak banyak orang yang tahu bahwa Candi Pawon dulu ditemukan dalam keadaan rusak. Proses pemugaran pada tahun 1903 pun akhirnya dapat mengembalikan bentuk dan fungsi candi ini. Salah seorang arkeolog bernama J.G. de Casparis menduga bahwa Candi Pawon difungsikan sebagai tempat perabuan pada masa Dinasti Syailendra. Namun dugaan tersebut terbantahkan karena tak terdapat arca Budha di sekitar Candi Pawon. Ketika Anda mengunjungi Candi Borobudur, tak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk singgah di Candi Pawon. Karena candi ini hanya berjarak kurang lebih 1,7 km dari Candi Borobudur.

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Candi Umbul merupakan candi peninggalan agama Hindu yang sudah dibangun sejak abad ke-9. Letaknya ada di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag. Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik Candi Umbul adalah keberadaan dua kolam pemandian. Candi ini dinamai umbul yang berarti “timbul” dalam Bahasa Jawa karena biasanya ada gelembung udara yang muncul di dasar kolam. Di sekitar lokasi candi ini juga terdapat bebatuan bekas reruntuhan candi yang menambah keunikannya.

Gardu Pandang Ketep

Destinasi wisata yang satu ini menjadi salah satu yang paling hits dan disukai para generasi muda. Gardu Pandang Ketep dibangun di area seluas 8.000 meter persegi di dataran tinggi. Anda bisa menikmati pemandangan Kota Magelang secara keseluruhan jika berada di lokasi ini. Ada pula beberapa tempat yang sengaja dibuat sebagai latar foto. Sehingga Anda bisa berburu foto hingga puas ketika berada di Gardu Pandang Ketep.

Punthuk Setumbu

Kalau Anda mengunjungi Punthuk Setumbu pada pagi hari, maka Anda berkesempatan menyaksikan pemandangan matahari terbit dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Bahkan Anda juga bisa menyaksikan siluet Candi Borobudur secara utuh sewaktu berada di tempat ini. Panorama yang indah membuat banyak pencinta fotografi gemar mengunjungi Punthuk Setumbu untuk mendapatkan foto-foto istimewa.

Jika Anda punya waktu senggang, jangan lupa sempatkan diri untuk berlibur ke kawasan Magelang. Ragam destinasi wisata alam di Magelang akan memuaskan hasrat liburan Anda bersama orang-orang yang Anda cintai. Selamat merencanakan liburan!

Leave a Reply